Kandungan Gizi Bakso Ikan Tuna Mampu Mencegah Penyakit Mematikan

Kandungan Gizi Bakso Ikan Tuna Mampu Mencegah Penyakit Mematikan

Salah satu jenis ikan laut yang digandrungi oleh masyarakat itu biasanya ikan tuna. Mengapa ikan tuna? Karena ikan jenis ini memiliki tekstur daging yang lembut dan juga tebal. Bobotnya pun bisa mencapai 680 kg. Maka dari itu para nelayan sangat memfavoritkan ikan jenis ini. Selain dagingnya tebal harga jualnya tergolong mahal. Per kilonya dihargai Rp 90.000 sampai Rp 120.000, tergantung jenis tunanya. Ada tuna sirip biru dan tuna sirip kuning. Yang paling mahal itu tuna sirip kuning. Wajar jika nelayan kita menyukai ikan jenis ini.

Terlepas dari harga ikan tuna, beberapa orang tua tetap membelinya demi menjaga kesehatan keluarga. Daging ikan ini memang memiliki kandungan gizi yang beragam, diantaranya protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral. Kandungan protein di daging ikan tuna mampu menjaga otot tetap kuat serta melancarkan peredaran darah. Bagi yang mengonsumsi secara rutin juga beresiko lebih rendah terserang stroke.

Selain itu, kandungan omega 3 dan asam aminonya mampu menjaga tekanan darah sekaligus melindungi jantung dari irama yang abnormal sehingga menurunkan resiko darah tinggi maupun penyakit jantung. Vitamin B di dalam ikan tuna juga membantu memelihara sel-sel darah merah, meningkatkan laju metabolisme serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, sempatkanlah mengonsumsi daging ikan ini untuk menangkal radikal bebas karena mengandung selenium yang berperan sebagai antioksidan.

Beberapa pedagang pun kini mengolahnya menjadi bakso agar bisa dijangkau oleh beragam kalangan mengingat tidak semua kalangan mampu membeli daging tuna segar. Kalaupun mampu, itu hanya dari kalangan menengah ke atas. Mungkin juga karena bakso daging sapi terlalu familiar bagi masyarakat, jadinya beberapa pedagang mempunyai ide untuk mengolah daging tuna menjadi bakso. Pun dari segi kandungan lemak jenuhnya juga lebih rendah daripada daging sapi maka aman dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai riwayat penyakit jantung atau darah tinggi.

Apalagi jika bakso ikan tuna ini dibakar dan ditambah toping keju, saos, ataupun mayonaise, dijamin banyak yang menyukai. Anda juga bisa menggorengnya dengan tepung crispy untuk camilan keluarga di sore hari. Selain praktis, tentu rasanya tak kalah nikmat dengan bakso daging sapi.

Artikel

Tim MGBAuthor posts

GilinganDaging.com merupakan platform sub-website dari perusahaan Futago Teknik – anak perusahaan dari Kembar Teknika yang bergerak di bidang manufaktur pengecoran logam dan pemesinan tepat guna. Melalui gilingandaging.com, Futago Teknik melakukan marketing digital khusus lini produk mesin giling daging dan sparepartnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *