Mau Buka Usaha Bakso? Berikut 5 Tips Suksesnya

Mau Buka Usaha Bakso? Berikut 5 Tips Suksesnya

Bakso merupakan makanan yang banyak dijumpai di Indonesia. Mudah ditemukan. Ada yang jual di foodcourt, ruko, rumah, bahkan sistem gerobak keliling. Bisa dibilang bakso merupakan makanan rakyat.

Dari banyaknya masyarakat yang doyan bakso, maka usaha ini tumbuh dengan begitu pesat. Tentu dengan menjamurnya para pengusaha bakso, kompetisi menjadi lebih sengit. Inovasi-inovasi mutlak diperlukan untuk menggaet konsumen lebih banyak. Untuk itu, Futago Teknik memberikan sedikit tips atau kiat-kiat sukses dalam membuka usaha kuliner bakso.

Branding

Ketatnya persaingan usaha bakso harus ada gebrakan yang utama dan pertama. Apa itu? Branding! Branding merupakan pemberian identitas suatu usaha. Sebagai identitas, maka ciptakanlah nama yang unik untuk usaha bakso Anda. Bisa dengan hasil penamaan pemilik usaha, nama olahan baksonya, berupa singkatan unik atau nama yang “nyeleneh”.

Misalnya: Bakso Gondrong karena penyajiannya dilengkapi dengan berbagai jenis mie, Bakso Unyil karena bentuknya yang mini-mini atau Nyal-nyal karena mengidentitaskan bakso yang kenyal, dan sebagainya.

Branding juga tidak terbatas pada penamaan usaha. Tetapi juga harus menjadi karakter/ ciri khas/ daya tarik. Misalnya saja dalam segi penyajiannya. Jika biasanya menggunakan mangkok jago, Anda bisa mengeksplor penyajian dengan hotplate, foodbox, dll. Atau penerapan dalam segi marketing dengan mengadakan hadiah random kepada konsumen yang mengunggah swafotonya dengan bakso Anda.

Metode Penjualan

Jika anda ingin membuka usaha bakso, maka hal selanjutnya yang harus dipikirkan adalah metode penjualan. Apakah statis (menetap pada suatu lokasi) atau dinamis (berjualan keliling). Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika menetap di lokasi maka hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat strategisnya lokasi tersebut. Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha bakso di dekat sekolahan, kampus, pabrik atau alun-alun.

Carilah tempat yang “anak muda banget”. Karena efek sosial kawula muda sangat membantu marketing anda secara langsung maupun tidak langsung.

Jika metode dinamis maka buat gerobak Anda semenarik mungkin. Aplikasikan branding di gerobak Anda. Buat nada panggilan khusus untuk menarik pendengaran calon konsumen. Contoh yang sudah ada yaitu tahu bulat dengan nada panggilan khasnya “tahu bulat, digoreng dadakan, enak.”

Cita Rasa

Bakso bisa terbuat dari apa saja. Bisa daging sapi, kambing, dan ayam yang sudah pasaran. Atau dari ikan, cumi, dan sejenisnya. Silakan anda pilih bahan apa yang sesuai dengan rencana awal anda.

Apapun itu, cita rasa adalah kunci. Terapkanlah standar khusus saat memulai usah bakso. Apabila saat usaha mulai berjalan dan tiba-tiba bahan baku naik, tetaplah konsisten dengan resep anda. Jangan sampai mengurangi cita rasa. Cukup dengan mengurangi volume/ porsi atau sedikit menaikkan harga jual. Juga jangan lupa selalu berinovasi membuat menu baru. Jadi semakin banyak varian yang dapat dipilih pembeli, semakin baik bagi kemajuan usaha bakso Anda.

Strategi Promosi

Strategi promosi adalah kiat sukses berbisnis bakso yang harus ada. Masyarakat kini semakin cerdas untuk memilih makanan yang selain enak juga tidak menguras kantong. Maka di sinilah peranan promosi mutlak dilakukan. Tentu juga harus mempertimbangkan laba dan ruginya.

Ada beberapa cara promosi yang dapat anda terapkan jika membuka usaha bakso. Seperti yang telah disinggung pada poin pertama yaitu hadiah random bagi konsumen yang berswafoto dengan menu bakso anda. Atau ketika awal membuka usaha, Anda dapat memberi promo gratis 1 porsi bakso jika memesan lebih dari jumlah porsi yang ditentukan.

Contoh promosi usaha bakso lainnya yaitu dengan menggratiskan makan bakso bagi konsumen yang ulang tahun pada tanggal-tanggal tertentu. Konsumen hanya diwajibkan menunjukkan tanggal lahir sesuai KTP/ data diri lainnya.

Atau lakukan bundling paket. Misalnya bakso A sepaket dengan minuman C atau bakso B sepaket dengan snack B, dan sebagainya.

Penunjang Produktivitas

Apabila 4 poin di atas sudah diterapkan dengan baik, saatnya mengembangkan usaha bakso agar lebih sukses dan mendapatkan profit berkali-kali lipat. Salah satu yang dilakukan yaitu dengan menginvestasikan keuntungan/modal baru untuk alat penunjang produktivitas usaha bakso. Alat-alat tersebut dapat berupa mesin gilingan bakso, mesin mixer bumbu, bahkan mesin pencetak bakso agar ukuran bakso setara dan produksi lebih cepat.

Dengan mesin bakso, anda juga lebih menghemat tenaga, cost penggilingan daging ke tempat penggilingan, dan waktu produksi jadi lebih cepat tentunya.

Kami, gilingandaging.com – entitas website dari Futago Teknik memberikan solusi terbaik untuk meningkatkan produktivitas usaha bakso anda nantinya. Kami memproduksi berbagai mesin pengolah daging khususnya untuk kuliner bakso.

Kami memproduksi langsung mesin gilingan bakso dengan material pilihan dan hasil produksi yang sesuai standar olah makanan (food grade standart). Kami juga memberikan bimbingan bagaimana cara mengoperasikan mesin, memberikan kiat-kiat lebih mendalam tentang usaha bakso, dan layanan purna jual yang bersifat kekeluargaan.

Jangan ragu dan takut lagi untuk usaha bakso, kami siap menjadi mitra kesuksesan usaha bakso Anda.

Artikel

Tim MGBAuthor posts

GilinganDaging.com merupakan platform sub-website dari perusahaan Futago Teknik – anak perusahaan dari Kembar Teknika yang bergerak di bidang manufaktur pengecoran logam dan pemesinan tepat guna. Melalui gilingandaging.com, Futago Teknik melakukan marketing digital khusus lini produk mesin giling daging dan sparepartnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *