Cara Merawat Mesin Penggilingan Daging

Cara Merawat Mesin Penggilingan Daging

Tak dipungkiri lagi, ide bisnis di bidang kuliner memang tidak ada habisnya. Mulai dari bisnis restoran, warung makan, franchise, sampai usaha camilan pun laris manis diburu pembeli. Bahkan ada juga pembeli yang rela mengantri sampai panjang karena rasa masakannya atau produk jualannya memiliki cita rasa tersendiri. Hal ini menunjukkan bahwa para pemain di bisnis kuliner ini saling “bertempur” inovasi untuk menggaet pembeli.

Lihat saja pada produk olahan daging. Daging ayam atau sapi pun disulap menjadi bermacam-macam rasa dan bentuk. Ada yang mengolahnya menjadi bumbu masakan, nugget, sosis, bakso, abon, kornet, maupun produk baru buatan sendiri. Proses pengolahan ini tentunya melalui tahap penggilingan daging, sebelum ditambahkan bumbu. Biasanya untuk menggiling daging dalam porsi yang besar kebanyakan pebisnis kuliner memilih menggunakan mesin. Selain efektif, penggunaan mesin ini bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis baru berupa jasa penggilingan daging.

Atas dasar tersebut, penggunaan mesin yang sangat sering membuat mesin jadi semakin kotor atau bahkan mengalami kendala. Maka dari itu, ada kalanya mesin-mesin ini membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan kelihatan seperti baru. Para pelaku bisnis kuliner pasti paham kalau mesin gilingan daging yang tidak terawat dengan baik akan mengalami kendala saat proses penggilingan. Untuk mencegah terjadinya kendala, mesin-mesin ini harus dirawat dengan cara yang benar.

Oleh karena itu, beberapa tips/ cara merawat mesin gilingan daging di bawah ini layak dicoba, yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Dianjurkan setelah penggunaan, mesinnya disiram dengan air hangat. Kemudian ditetesi air jeruk lemon untuk menghilangkan lemak atau noda yang membandel.
  2. Apabila onderdil mesin berubah warna menjadi kecoklatan sebaiknya disiram air mendidih yang ditambahkan satu sendok teh garam dan soda.
  3. Pakailah sikat berbulu lembut dan siram dengan air sabun ketika membersihkan bagian mesin yang ada bekas dagingnya.
  4. Selanjutnya bilas dengan air biasa sampai busa sabunnya hilang.
  5. Lalu keringkan mesin memakai lap atau kanebo pada bagian yang masih basah.

Cara merawat mesin gilingan daging di atas mudah bukan? Semoga bermanfaat…

Artikel

Tim MGBAuthor posts

GilinganDaging.com merupakan platform sub-website dari perusahaan Futago Teknik – anak perusahaan dari Kembar Teknika yang bergerak di bidang manufaktur pengecoran logam dan pemesinan tepat guna. Melalui gilingandaging.com, Futago Teknik melakukan marketing digital khusus lini produk mesin giling daging dan sparepartnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *